Menu

4 Tips Desain Taman Depan Rumah Unik

Jika anda memiliki sisa lahan di depan rumah, tentu akan sangat menarik jika dimanfaatkan untuk membuat desain taman depan rumah agar hunian anda terasa lebih asri. Selain itu, membuat taman di depan rumah berarti anda sedang menyiapkan pabrik oksigen di lingkungan rumah anda yang akan memberian dampak positif bagi penghuninya. Memang tergantung luas lahan di depan rumah untuk bisa melakukan desain taman depan rumah menjadi lebih menarik. Anda sendiripun sebenarnya bisa mengeksplorasi pembuatan taman mungil ini.

Desain taman depan rumah dan keindahannya

Tak bisa dipungkiri sebuah rumah yang cantik dan megah akan menjadi lebih natural ketika ditambahkan tanaman di bagian depannya. Ini membuat pemandangan lingkungan rumah tak lagi gersang apalagi lingkungan anda sangat mendukung untuk membuat taman pribadi ini. Anda bisa menanam bunga di pot atau pohon berdaun besar untuk membuatnya jadi lebih rindang.

Taman depan rumah yang ideal

Desain-taman-depan-rumah

Meski tak ada aturan baku bagaimana taman di depan rumah yang bagus, anda bisa mengeksplorasi sesuai dengan luas tanah yang anda miliki. Selain itu tema dari rumah anda bisa jadi ide segar untuk menambahkan elemen natural ke dalamnya. Sehingga tercipta keselarasan antara bangunan modern namun juga dibalut dengan suasana alam yang asri. Anda butuh kesabaran dalam menata taman di depan rumah agar desain taman depan rumah yang sudah anda bangun tidak sia-sia begitu saja.

Berikut ini beberapa tips untuk anda yang sedang mempersiapkan desain taman depan rumah yang unik dan sesuai dengan karakter pemiliknya.

1. Jenis tanaman yang tepat

Meski anda memiliki lahan yang cukup luas sekalipun, tentu tidak semua jenis tanaman bisa anda letakkan di taman depan rumah ini. Jika salah menanam, bukan keasrian yang akan anda dapatkan, tapi malah suasana kelam karena rumah yang indah tertutup dengan tanaman di depan rumah. Untuk itu jenis tanaman yang berdaun lebar dipadukan dengan rumput bisa jadi penguat kesan natural di depan rumah anda. Menanam rumput bisa menghindari debu dan anda bisa menyiramnya setiap pagi dan sore untuk menjaga kesegarannya.

2. Kombinasi hardscape

Tak melulu mengenai tanaman, seekali mengkombinasikannya dengan elemen keras bisa membuat desain taman depan rumah jadi lebih hidup. Anda bisa menambahkan tekstur bebatuan, air mancur, patung, dan lampu taman untuk memberikan nuansa artistik yang menyatu dengan indahnya tanaman bunga yang anda sematkan.

3. Sesuaikan karakter penghuni

Bisa dibilang desain taman depan rumah mampu mencerminkan karakter penghuninya. Ini menjadi salah satu pertimbangan bagi anda saat mendesain taman tersebut apakah sudah cocok dengan karakter anda dan kesesuaian dengan tema rumah sebelumnya. Jika anda adalah sosok pecinta alam dan suka dengan hal-hal sederhana, tentu sentuhan bebatuan alam dan pemilihan tanaman yang tak ribet untuk dirawat adalah pilihannya. Disinilah tugas anda sebagai pemilik rumah menjadi lebih besar karena harus mengeksplorasi jiwa seni anda dalam sebuah taman.

4. Perhatikan luas lahan

Meski anda memiliki luas lahan yang cukup besar, bukan berarti semua bisa anda gunakan untuk membuat taman. Jangan sampai anda tidak mampu untuk merawatnya karena desain taman depan rumah terlalu luas dan tak mampu mengimbangi tema rumah yang sudah anda bangun. Sebaliknya, lahan yang sempit tak bisa dipaksakan untuk menanam banyak bunga di dalamnya. Anda bisa memilih tanaman-tanaman yang tak terlalu besar dan mudah untuk dirawat.

Desain taman depan rumah yang sesuai tentu akan menambah cantik suasana rumah anda. Selain itu anda punya kegiatan produktif untuk merawat taman cantik ini setiap hari sebagai bagian dari perawatan yang anda lakukan. Dengan menerapkan tips di atas, anda sudah bisa memiliki taman depan rumah yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *